Tehnik Soft Contact

Tehnik Soft Contact adalah sebuah tehnik bicara yang digunakan untuk memodifikasi pola bicara pada orang yang mengalami kegagapan. Kita sangat sering mendengar nasehat-nasehat dari orang lain bagaimana sebaiknya orang gagap memperbaiki kegagapannya agar dapat berbicara lancar. Perhatikan nasehat-nasehat yang selama ini kita dengar:

“Orang menjadi gagap karena bicara cepat, jadi pelan-pelan aja kalau bicara.”
-Sebenarnya kami bicara pelan juga gagap, apalagi bicara cepat? tambah gagap :-D

“Sering-sering latihan bicara di depan orang banyak”
-Mengatakan kata “Halo” saja ketika mengangkat telepon sangat sulit, jadi tidak ada hubungannya berbicara di depan orang banyak dengan penyembuhan kegagapan.

“Banyak-banyak ngobrol dengan orang lain aja.”
-Ngobrol dengan diri sendiri aja gagap hehe :-D

“Orang gagap itu sebenarnya tidak gagap, tapi karena mereka grogi makanya jadi gagap”
-Sebelum grogi kami juga sudah gagap :-)

“Orang gagap itu orang yang kurang PD dan tidak bergaul, makanya dia gagap ketika harus berhadapan dengan orang lain.”
-Ada kok orang yang Super PD tapi tetap gagap :-D

“Coba kalau bicara itu kata-kata diperhatikan. Sebelum diucapkan dimulut dingat baik-baik, jadi pas keluarnya tidak gagap.”
- Kata-kata itu telah begitu jelas terekam di otak kami namun entah mengapa begitu kami coba ucapkan, sangat sulit walaupun diucapkan dengan sangat pelan.

“tarik napas sebelum berbicara dan berpikirlah positif”
- Berpikir positif agar tidak gagap? Itu namanya sugesti, bukan penyembuhan.

Ok sekarang nasehat yang lebih aneh:

- Sering-sering makan pedas agar lidahnya lentur
- Sering-sering teriak agar bicara bisa lancar
- Ada yang mau menambahkan? hehe :-D

Saya yang telah mengalami kegagapan sejak usia 12thn sudah mendengar berbagai nasehat dan tidak ada satu nasehat pun yang dapat memperbaiki keadaan. Sebenarnya yang lebih aneh adalah mereka yang memberi nasehat adalah mereka yang tidak mengalami kegagapan sehingga nasehat mereka lebih cenderung menerka-nerka dan sudah tentu hasilnya tidak akurat.

Stuttering/Stammering atau Kegagapan (Gagap) tidaklah semudah yang kita pahami. Kita melihat orang gagap dan melihat bahwa sebenarnya masalah mereka hanyalah bicara dengan terbata-bata. Tidak seperti itu. Kegagapan lebih rumit dari yang kita kira. Kegagapan bukanlah seperti migren atau flu yang tinggal membeli obatnya kemudian sembuh. Hanya orang yang mengalami kegagapan yang mengetahui apa itu kegagapan.

Sampai saat ini penyebab munculnya kegagapan masih belum ditemukan namun para Pakar Wicara (Speech Pathology) banyak melakukan penelitian yang menghasilkan beragam metode (cara) yang dapat digunakan untuk membantu orang-orang yang mengalami kegagapan. Salah satu metode yang diberikan ialah memodifikasi pola bicara dengan suatu tehnik yang dinamakan Tehnik Soft Contact.

Apa itu Tehnik Soft Contact?

Tehnik Soft Contact ialah tehnik bicara yang digunakan untuk memodifikasi orang gagap bicara sehingga dapat berbicara dengan lancar. Kegagapan umumnya disebabkan oleh “Blocking”. Blocking adalah “Penutupan” yang terjadi di mulut atau rongga pernafasan ketika berbicara sehingga alur bicara menjadi terhenti akibat penutupan ini. Mengapa bisa terjadi ‘blocking’? Di sini permasalahannya. Pada orang normal, ketika mereka akan berbicara, kata-kata yang telah siap diucapkan (setelah melalui proses pikir pada otak) akan dikirim ke syaraf di otak yang mengatur bagian wicara, kemudian bagian ini mengirimnya ke otot-otot mulut sehingga perkataan dan ucapan dapat terbentuk. Namun pada orang gagap, hal ini tidak terjadi. Antara syaraf di otak yang mengatur wicara tidak dapat melakukan sinkronasi dengan baik dengan otot mulut sehingga pada saat pengucapan, perkataan tidak dapat terucap dengan baik. Contohnya seperti mengucapkan kata “Belajar” akan terucap menjadi “be be be belajar”. Atau kata “Tapi” akan terucap menjadi “ta ta ta tapi”. Umumnya blocking terjadi pada huruf-huruf yang memiliki intonasi ledakan seperti huruf P, T, B, D, M dan huruf lainnya.

Bagaimana Tehnik Soft Contact bekerja?

Tehnik Soft Contact bekerja dengan cara memodifikasi gerakan mulut sehingga pada saat pengucapan sebuah kata, posisi mulut harus memiliki celah kecil agar udara dari dalam tetap dapat keluar. Karena jika mulut tidak memiliki celah udara maka akan terjadi blocking yang menyebabkan kegagapan.

Bagaimana cara menerapkan Tehnik Soft Contact?

Cukup sulit untuk menjelaskan tehnik ini karena ada gerakan pada mulut dan bibir yang harus dilihat secara langsung oleh orang yang mempelajarinya sehingga mempelajari tehnik ini harus dilakukan secara tatap muka.

Bagi yang berada di Jakarta, kita bisa latihan bersama. Namun bagi sahabat-sahabat yang berada jauh dari Jakarta, saya mohon maaf karena jangkauan saya hanya berada di Jakarta walaupun ingin sekali saya membantu sahabat-sahabat yang berada di daerah. Saya tahu betul apa yang dialami orang-orang yang mengalami kegagapan. Bagaimana sulitnya hidup dengan kegagapan. Karena saya pun mengalaminya. Namun bagi sahabat-sahabat semua, tidak perlu khawatir, tidak perlu risau, tidak perlu gundah. Apa yang kita alami ini adalah anugerah Tuhan. Saya membuat blog ini mudah-mudahan dapat menjadi sarana berbagi bagi kita semua.

Hormat saya,
Dimas :-)  0812 8222 0068 PIN BB 21DDC025

*Maaf sahabat karena saat ini saya sedang berada di Medan, jadi hanya bisa bertemu dengan mereka yang berada di Medan. Bagi sahabat yang berada di Jakarta bisa berlatih dengan Wiwik :-)

74 Responses to Tehnik Soft Contact

  1. said hamzali says:

    Mas, sy sudah dri smp gagap, tp supaya tidak Blocking itu gimana caranya pak, selain yg telah di utarakan mas td. Dan 1 lagi mas klo saat mau berbicara dgn orang lain tu detak jantung saya makin keras dan tidak karuan, tu gimana mengatasinya mas…?
    Tolong mas krimkan jwbannya ke email sy
    said.wienarigayo@gmail.com

    ==========================================================

    Said emailnya sudah saya balas ya.
    Saya sendiri sudah gagap sejak SD. Mengenai blocking, hal ini hampir terjadi di setiap orang yang gagap. Untuk itu, latihan bersama yang kami adakah adalah untuk melatih penggunaan tehnik Soft Contact pada bicara kita. Tehnik ini jika diterapkan dengan benar akan menghilangkan blocking. Mudah-mudahan Said bisa menyempatkan waktunya untuk latihan bersama kita. Silahkan jika ingin contact kami, bisa di sini, atau ke email saya langsung (sudah saya reply email Said sebelumnya.

  2. Gde says:

    Mas diman YTH. Sy jg pndrita gagap sejak SMP,skrg sy dh krja sbge perawat di NTB,dlu jg smpat hipnotherapy di bndung tp hsilx gk bs nuntasin gagap sy,ada kemajuan dg sy bs lbh pede brbicara ma tmn,ttpi msh ada kata2 trtentu yg kadang sulit sy ucapkn,dn blm brni lo dsuruh pidato,jdi sy minta bantuan sm mas kalo bs latian soft contactx dlm bntuk video jdi bs pelajari drumah,,klo ada kabari ya,,,email di : gede_one@mail.com
    mksi byk mas,mga tuhan membarikn qt jalan yg trbaek,

    ======================================

    Saya pun gagap sejak SD dan sampai kuliah masih sangat parah. Alhamdulillah setelah lulus kuliah saya belajar tehnik Soft Contactnya dan pelan-pelan mulai berubah bicara saya. Dulu sempat depresi juga, terbayang betapa sulitnya jika bekerja dengan bicara gagap. Alhamdulillah SC merubah semuanya. Sekarang dikantor, berurusan dengan banyak orang, presentasi, meeting, dll, membuat saya harus banyak bicara dan SC mempermudah saya dalam menerangkan apa yang ingin saya bicarakan. Namun sebelumnya telah melewati tahapan latihan.

    Mengenai video, itu ide yang bagus. Sebenarnya saya dan sahahat-sahabat lain telah merencanakannya sejak dulu, namun…biasalah masing-masing sibuk hehehe. Namun ketika kami kumpul kembali Insya Allah akan kami diskusikan. Saya yakin video ini akan sangat membantu teman-teman kita yang letaknya jauh dari Jakarta.

    Terima kasih Gde untuk sarannya. Tetap semangat ya :-)

  3. Gde says:

    Oke mas,sy jg ttp brusaha bljr untk tetap tenang dlm brbicra dg terus latihan prnafasan,ya lumayan membantu,,,ditambah lg latihan yg mas jabarkn di blog,wah sy mkin seneng,,mdh2n bs smbuh total y,amien,hehe,

  4. YAYUK says:

    Kalau saya tidak gagap, tapi sering slip of tongue. dan kadang sudah bicara satu kalimat tiba-tiba lupa semua apa yang semula sudah saya rancang. Apa mungkin terapinya juga bisa dg SC tsb.? Ide video saya sangat dukung. Semoga semua kebaikan mas Dimas diberi balasan yang besar oleh 4JJI. amiiin…..

    • dimas says:

      Amiin. Semoga pahala berlipat ganda dilimpahkan kepada mereka yang mendoakan orang lain. Amiin :-)
      Maaf lama dibalas, lupa ada komen disini :-)

      Kalau SC itu digunakan untuk menangani bicara yang ada ‘blocking’nya. Jadi jika pada ‘slip of tongue’ tidak ada blocking, maka tehnik SCnya tidak bisa diterapkan. Kira-kira kenapa ya?? untuk kasus yang ini saya belum mengetahui jawabannya :-)

  5. Ezar says:

    Mas,saya juga penderita Gagap yg cukup parah.Saya sudah gagap sejak SD tapi semakin parah saat saya SMP dan sampai sekarang saya kelas 1 SMA,gagap saya semakin parah.
    Saat saya berbicara,mata saya akan berkedip2,kepala dan leher seperti tertarik kebelakang,ini membuat saya semakin tidak percaya diri dan membuat saya semakin sulit berbicara.

    Sama seperti komen diatas,saya pernah mencoba hipnotherapy di bandung,tapi belum ada hasilnya.
    Saya tertarik dengan Tehnik Soft Contact,dan saya tinggal di sekitar jakarta.
    Mohon bantuanya di email saya
    ezarwira@yahoo.com
    thanks

    =========================================

    Ezar emailnya sudah aku reply ya. Minggu ini ada rencana untuk latihan, mudah-mudahan bisa Ezar bisa ikut bergabung :-)

  6. iam says:

    sy ggap, tp kdang2 aj,
    kalo ad kta2 yang uda lama dipikirin trz mau diungkapin, tu sush bgt,,.
    tp low secara mendadaK NGak, ngomong lancr aj,
    tuch knpa ya bro ?,
    tolong sarannya,,,
    soalna ngeganggu bgd dlm aktivitas,,,,,

    ======================================

    Mmmm….kenapa ya? saya juga tidak begitu paham. Namun ciri orang gagap adalah kesulitan mengucapkan huruf-huruf seperti p, t, b, dll.

  7. Wahyu says:

    Terkadang,saat aku harus berbicara cepat, suka mengeluarkan huruf yg berulang-ulang.Saya jadi malas meneruskannya.Ini terjadi saat saya masuk sma sampai sekarang saya kelas 3 sma. apa yang harus saya lakukan?

    ==========================

    Berulang-ulangnya seperti apa?

  8. Bunyen says:

    Dear Dimas

    saya udah gagap mulai kecil, saya pengen belajar teknik soft kontak, kiranya bisa memberikan alamat atau no hp untuk belajar teknik ini. apalagi untuk presentasi, saya gk bisa ngomong apa2 otak gk bisa berpikir, hehehe. saya tinggal di sekitar jakarta, klo boleh saya join latihan bareng. please confirm ke email saya ya mas…thx

  9. Lidya says:

    Dear teman2 semua nya,

    saya jg sama seperti semuanya, menderita gagap dari smp. saya juga pengen ikut latihan soft kontak nih. saya tinggal di jakarta. kalau ada latihan bareng, tolong hubungi saya jg yah.
    email saya, lidya_zhuo@hotmail.com
    terima kasih

    • Dimas says:

      Lidya trims utk komennya. Kami (dimas dan wiwik) akan hub Lidya.

      • wiwik says:

        to lidya…

        salam kenal…
        aqu wiwik….qta punya masalah yang sama..
        dan alhamdulillah aqu dah pernah belajar soft contact sama teachernya “Dimas”..
        mgkn qta bisa berbagi pengalaman..
        ^_^

  10. hadi says:

    to pak dimas

    salam kenal semuanya,..
    sy jg bernasib sm, sy awal ggp sejak SMP hingga skrg (kerja)
    sy sering ggp ketika memperknlkn nama sy (itu yg plg srg sih), selain itu jg kdg ggp kdg lancar tergantung detak jantung, sm spt yg dialami saudara “said hamzali”.
    pernh sy belajar berbagai tips mengatasi detak jantung agar lbh santai/ rileks, hslnya kdg berhasil, namun ttp sj ketika hal ini tdk direncanakan spt bertemu klien tiba2 sj kumat lg (parah dehh).
    stlh sy membaca metode Soft Contact, sy pingin ikt latihannya.
    mohon bantuannya.

    terima kasih.

  11. RIZA says:

    Saya mahasiswa smester 5, di salah satu perguruan tinggi swasta di bandung..saya mulai gagap bicara ketika saya masuk TK, sampai skrang tu gagap blum juga ilang…mungkin ini terjadi akibat percerai an ORTU saya….dan mungkin juga karena saya waktu itu tinggal sama ibu saya yg strees berat akibat ayah sya selingkuh, setiap kali saya melakukan kesalahan,,,ibu sy slalu melampiasakan kemarahan’y ke saya,,,,dipukul di cepret..di masukin di wc yg Gelap…dll,dan ketika sy nangis, sy dipaksa untuk berhenti seketika…seperti yg tersendak-sendak…. mugkin ini penyebab gagap saya…tapi gk tau juga sih??????
    setelalah sy membaca semua komen situs ini ternyata banyak juga yah yang gagap……. segala puji bagi allah yang telah menunjukan blog ini kpd saya…. luar biasa semoga amal kebaikan kalian semua dibalas oleh allah swt dengan berlipat ganda ,,,btw saya pengen ikutan latiha SC gimana cara’y mohon bantuan’y terima kasih…FB add;;;riza.usman@gmail
    walau pun lokasi’y di jakarta saya akan berusaha untuk kesana demi kesembuhan saya…

  12. arie says:

    Mas dimas & mbak wiwik.. Saya tinggal di padang.. Ada ga tmen2 yg udah latian soft contact bareng mas dimas & mbak wiwik yg berdomisili di padang?
    Saya punya inisiatif utk ngumpulin tmen2 sesama PWS untuk latian bareng yg brdomisili di padang & sekitarnya.. karna disini sangat banyak sekali tmen2 qt senasib sesama PWS.. Kalo bisa saya boleh di kasih videonya mas dimas.. agar sama2 kami terapin disini.. Trim’s sbelumnya ya mas dimas & mbak wiwik.. Alangkah indahnya kalo qt bisa saling membantu sesama.. Smoga ALLAH, SWT memberi jalan atas semua usaha yg tlah qt lakukan.. Amiiiinn…

  13. erna says:

    ass, saya seorang guru di sebuah sekolah swasta di bandung, sedangkan saya seorang penderita gagap. Profesi saya mengharuskan saya banyak bicara di hadapan banyak orang, saya binggung…arus kehidupan membawa saya jadi seorang guru meskipun itu bukan cita2 saya. saya mohon bantuaanya untuk bisa latihan, agar saya bisa sembuh. karena faktanya tidak semua orang ngerti dengan kekurangan kita, orang cuma bisa menertawakan mengejek dsb. saya stress, minder, merasa rendah diri. tapi sesudah saya menemukan blog ini ada setitik harapan, ternyata bukan hanya saya yang mengalami hal seperti ini. Smoga ALLAH, SWT memberi jalan atas semua usaha yg tlah qt lakukan.. Amiiiinn

  14. dimas says:

    Waalaikumsalam mba Erna

    Sulit juga ya gagap dan menjadi guru, karena setahu saya guru harus terus berbicara. Mba Erna sms saya aja di 081282220068 agar komunikasinya lebih mudah. Mungkin jika dibandung latihannya bisa sama mba Wiwik yang berada di jkt. Kami tunggu ya kabarnya :-)

  15. Abadi says:

    salam mas dimas,

    saya mau nanya tentang SC mas,

    gmana tehnik2 menerapkan sc mas,

    trus…bisa ga kirim saya salah satu vidio praktek sc yang sudah pernah mas lakukan dengan temen2…

    krn klo kejakrta mungkin untuk saat ini sangat sulit bagi saya mas, krn alasan biaya….

    o ya. ktnya mas dimas lagi di medan ya…?

    mas di medan dimananya, sampai tgl brapa di medan?

  16. Silvia says:

    .saya juga penderita gagap . Ga PD bgt kalo lg bcra sama orang lain . “_” . O ya, boleh minta alamat fb masing-masing ga ? Lewat fb kan bisa lebih ngenal . Hehe .

  17. Abadi says:

    nanginabadi@yahoo.com

    add aku ya, kita cari solusi kita bersama.

    karna orang lain yang tidak mengalami tidak bisa mengerti dan tidak bisa membantu kita…
    :)

  18. aie says:

    Mas aku juga gagap dr semenjak sd sampe sekarang… Apalagi skrng saya bekerja di pelayanan saya sangat menderita sekali. Aku ingin bicara lancar selayaknya manusia normal. Di mana alamat mbak wiwik di jakarta. Tolong kirimkan ke email saya ya mas,..

    • Dimas says:

      Halo aie salam kenal :-)
      Kerja di bidang pelayanan mengharuskan banyak bicara, butuh kesabaran tinggi jika kita gagap. Akan saya kabari ke wiwik langsung ya. Trims aie

  19. Andi says:

    haloo salam kenal semua
    Akhirnya ketemu juga ama teman-teman seperjuangan,,saya juga penderita PWS semenjak kecil,,,kata ibu ane sewaktu umur 5 thn ane blom ketahuan gagapnya,,gagapnya ane pas masuk SD…ane dulu orangnya kidal,,trus dipaksa untuk menggunakan tangan kanan,,apa ada hubungannya ya ama gagap?????coz pernah baca artikel klo orang kidal dipaksa menggunakan tangan kanan maka ada kemungkinan dia akan gagap bicara….mmmmmmmm,,ane sempet mikir mungkin ini salah satu penyebabnya,,tapi yaa musti gimana lagi ,,masak harus biasain lagi gunain tangan kiri,,kan nga lucu,ahhahahaha
    sampai sekarang ane masih gagap,,apalagi pas waktu kerja,,pasa blockinng ,,ane diketawain abis ama temen ane,,gagap ane kyakna skrng makin parah,,apalagi skrng ane ngelanjut kuliah lagi,,dalam bulan ini ane mau presentasi skripsi,,semiinar 1 kira2 2 minggu kmrn ane ancur banget,,gagap ane kambuh,,maluuu rasanya,,,,sampe dosen pembimbing ane ngejelek-jelekin ane sampe bilang ane bodoh..asli ane pengen nangis gan,,ane bukannya ngk bisa nguasain materinya akan tetapi ane jadi ngk bisa ngomonginnya,,,,
    Bahagia rasanya ada tempat berbagi disini,,kira-kira kapan lagi ya ada training soft contact di jakarta????mohon infonya ya teman-teman semua,,terima kasihh…wassalam

    • Dimas says:

      Kita semua sudah mengalami apa yang Andi alami dan rasakan :-) at least sekarang bisa latihan bersama untuk memperbaiki keadaan. Saya tunggu smsnya ya 081282220068 (Dimas)

  20. Andi says:

    udah saya sms mas,,,,,masih nunggu balesannya untuk trainingnya di jakarta,,heheheheh,,thnks mas dimas,,sukses slalu

  21. vhiosvhya says:

    mas, saya udah menderita gagap sejak sd dan saya sekarang kuliah dibidang kedokteran. saya udah pernah ikut hypnotherapy tapi efeknya tidak banyak. kalau ada training soft contact di jakarta, saya mau ikut dong. saya tinggal di salemba. hubungi saya lewat email vhia_in_here_22@yahoo.com
    mohon bantuannya. makasih :)

  22. wiwik says:

    wah..blognya tambah ramai… :)

  23. nur cahyanto says:

    dengan slalu memanjtkan doa dan tidak henti@nya qt memohon kepadaNYA insyaALLAH semua masalah bisa qt lewati…amiin tetaplah ihtiar saudara2ku. pasti ada jalan untuk qt semua

  24. hesty rodja says:

    karna rasa trauma yg begitu besar, gagap saya semakin parah.bagaimana cara menghilangkan gagap?? adakah yg bisa membantu?
    karena pekerjaan saya menuntut saya harus banyak berkomunikasi dengan masyarakat.kadang saya minderan dan sampai saat ini tidak berani untuk tampil di bicara di depan umum.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s