Tehnik Soft Contact

Tehnik Soft Contact adalah sebuah tehnik bicara yang digunakan untuk memodifikasi pola bicara pada orang yang mengalami kegagapan. Kita sangat sering mendengar nasehat-nasehat dari orang lain bagaimana sebaiknya orang gagap memperbaiki kegagapannya agar dapat berbicara lancar. Perhatikan nasehat-nasehat yang selama ini kita dengar:

“Orang menjadi gagap karena bicara cepat, jadi pelan-pelan aja kalau bicara.”
-Sebenarnya kami bicara pelan juga gagap, apalagi bicara cepat? tambah gagap :-D

“Sering-sering latihan bicara di depan orang banyak”
-Mengatakan kata “Halo” saja ketika mengangkat telepon sangat sulit, jadi tidak ada hubungannya berbicara di depan orang banyak dengan penyembuhan kegagapan.

“Banyak-banyak ngobrol dengan orang lain aja.”
-Ngobrol dengan diri sendiri aja gagap hehe :-D

“Orang gagap itu sebenarnya tidak gagap, tapi karena mereka grogi makanya jadi gagap”
-Sebelum grogi kami juga sudah gagap :-)

“Orang gagap itu orang yang kurang PD dan tidak bergaul, makanya dia gagap ketika harus berhadapan dengan orang lain.”
-Ada kok orang yang Super PD tapi tetap gagap :-D

“Coba kalau bicara itu kata-kata diperhatikan. Sebelum diucapkan dimulut dingat baik-baik, jadi pas keluarnya tidak gagap.”
– Kata-kata itu telah begitu jelas terekam di otak kami namun entah mengapa begitu kami coba ucapkan, sangat sulit walaupun diucapkan dengan sangat pelan.

“tarik napas sebelum berbicara dan berpikirlah positif”
– Berpikir positif agar tidak gagap? Itu namanya sugesti, bukan penyembuhan.

Ok sekarang nasehat yang lebih aneh:

- Sering-sering makan pedas agar lidahnya lentur
– Sering-sering teriak agar bicara bisa lancar
– Ada yang mau menambahkan? hehe :-D

Saya yang telah mengalami kegagapan sejak usia 12thn sudah mendengar berbagai nasehat dan tidak ada satu nasehat pun yang dapat memperbaiki keadaan. Sebenarnya yang lebih aneh adalah mereka yang memberi nasehat adalah mereka yang tidak mengalami kegagapan sehingga nasehat mereka lebih cenderung menerka-nerka dan sudah tentu hasilnya tidak akurat.

Stuttering/Stammering atau Kegagapan (Gagap) tidaklah semudah yang kita pahami. Kita melihat orang gagap dan melihat bahwa sebenarnya masalah mereka hanyalah bicara dengan terbata-bata. Tidak seperti itu. Kegagapan lebih rumit dari yang kita kira. Kegagapan bukanlah seperti migren atau flu yang tinggal membeli obatnya kemudian sembuh. Hanya orang yang mengalami kegagapan yang mengetahui apa itu kegagapan.

Sampai saat ini penyebab munculnya kegagapan masih belum ditemukan namun para Pakar Wicara (Speech Pathology) banyak melakukan penelitian yang menghasilkan beragam metode (cara) yang dapat digunakan untuk membantu orang-orang yang mengalami kegagapan. Salah satu metode yang diberikan ialah memodifikasi pola bicara dengan suatu tehnik yang dinamakan Tehnik Soft Contact.

Apa itu Tehnik Soft Contact?

Tehnik Soft Contact ialah tehnik bicara yang digunakan untuk memodifikasi orang gagap bicara sehingga dapat berbicara dengan lancar. Kegagapan umumnya disebabkan oleh “Blocking”. Blocking adalah “Penutupan” yang terjadi di mulut atau rongga pernafasan ketika berbicara sehingga alur bicara menjadi terhenti akibat penutupan ini. Mengapa bisa terjadi ‘blocking’? Di sini permasalahannya. Pada orang normal, ketika mereka akan berbicara, kata-kata yang telah siap diucapkan (setelah melalui proses pikir pada otak) akan dikirim ke syaraf di otak yang mengatur bagian wicara, kemudian bagian ini mengirimnya ke otot-otot mulut sehingga perkataan dan ucapan dapat terbentuk. Namun pada orang gagap, hal ini tidak terjadi. Antara syaraf di otak yang mengatur wicara tidak dapat melakukan sinkronasi dengan baik dengan otot mulut sehingga pada saat pengucapan, perkataan tidak dapat terucap dengan baik. Contohnya seperti mengucapkan kata “Belajar” akan terucap menjadi “be be be belajar”. Atau kata “Tapi” akan terucap menjadi “ta ta ta tapi”. Umumnya blocking terjadi pada huruf-huruf yang memiliki intonasi ledakan seperti huruf P, T, B, D, M dan huruf lainnya.

Bagaimana Tehnik Soft Contact bekerja?

Tehnik Soft Contact bekerja dengan cara memodifikasi gerakan mulut sehingga pada saat pengucapan sebuah kata, posisi mulut harus memiliki celah kecil agar udara dari dalam tetap dapat keluar. Karena jika mulut tidak memiliki celah udara maka akan terjadi blocking yang menyebabkan kegagapan.

Bagaimana cara menerapkan Tehnik Soft Contact?

Cukup sulit untuk menjelaskan tehnik ini karena ada gerakan pada mulut dan bibir yang harus dilihat secara langsung oleh orang yang mempelajarinya sehingga mempelajari tehnik ini harus dilakukan secara tatap muka.

Bagi yang berada di Jakarta, kita bisa latihan bersama. Namun bagi sahabat-sahabat yang berada jauh dari Jakarta, saya mohon maaf karena jangkauan saya hanya berada di Jakarta walaupun ingin sekali saya membantu sahabat-sahabat yang berada di daerah. Saya tahu betul apa yang dialami orang-orang yang mengalami kegagapan. Bagaimana sulitnya hidup dengan kegagapan. Karena saya pun mengalaminya. Namun bagi sahabat-sahabat semua, tidak perlu khawatir, tidak perlu risau, tidak perlu gundah. Apa yang kita alami ini adalah anugerah Tuhan. Saya membuat blog ini mudah-mudahan dapat menjadi sarana berbagi bagi kita semua.

Hormat saya,
Dimas :-)  0812 8222 0068 PIN BB 21DDC025

*Maaf sahabat karena saat ini saya sedang berada di Medan, jadi hanya bisa bertemu dengan mereka yang berada di Medan. Bagi sahabat yang berada di Jakarta bisa berlatih dengan Wiwik :-)

80 Responses to Tehnik Soft Contact

  1. Anonymous says:

    nama saya yudha, tinggal di jakarta. kurang lebih sudah 13 tahun saya bicara gagap. sebelumnya saya adalah orang yang ceria. tpi di awal2 saya gagap banyak sekali yang mengejek saya dan itu membuat saya jadi pendiam. berjalannya waktu saya selalu berusaha setiap harinya memotivasi diri untuk bisa percaya diri dengan kegagapan, yaa walaupun biasanya di akhir harinya perasaan gagal dan kecewa sudah menjadi makanan sehari2. ingin sekali bisa bertemu dengan teman2 yang juga mengalami gagap. saya butuh motivasi lebih, mungkin dengan bisa bertemu dengan teman2 dan bercerita ini akan menjadi semangat baru. adakah komunitasnya ? bagaimana klo kita memulai membuatnya jika belum ada ?

  2. dimas says:

    Join ke group fb. Namanya “berbicara lancar”

  3. siskafebria says:

    mas sya udah menderita gagp dari smp… tapi gagapnya itu gak parah bgt sie .. ya klo lagi gugup apa ketemu orang suka berbicara berbata bata dan psti punya rasa deg degkan ketika mau ngomong..saya juga gak ngerti .. hal seperti ini yang membuat saya ga pd klo lagi berbicara ..apalagi dalam dunia pekerjaan yang mengharuskan saya berbicara sama byak org … mohon sarannya ya

  4. Moh farham says:

    Apa pengobatan alami gagap,,?

  5. Moh farham says:

    OranG gagap tidak bisa kawin,,

  6. Anonymous says:

    tekniknya bisa share di Youtube gan..

    • Dimas says:

      Belajar tehniknya seperti belajar berenang. Tidak bisa belajar berenang dari melihat orang berenang di video. Join Group FBnya ya.

  7. me says:

    kenapa ya saya gugup kalo bicara, kalo denger temen2 saya ngomong gitu mereka lancar gitu, ada aja kata2 yang buat di omong, trus kalo orag nanya ke gue gue gatau mau jawab apa, nah kawan gue di tanya mudah banget jawabnya trus kata2nya si di jawab sederhana banget dan sebenernya mudah sih di ucap tapi sayanya yg gak ngeh dan kepikiran buat jawab itu yg di bilang tmen tadi, kata2nya simple tapi sulit di ucapkan :(

  8. luthfi says:

    Ka dimas,saya penderita gagap dari umur 12 tahun tapi saya aneh ketika saya ngomong sama orang kenal saya lancar2 aja tapi waktu ngomong sama orang baru/kenalan saya ngomong nya susah banget kaya kejang kejang sampe2 saya di ketawain sama orang banyak.saya pengen sembuh. Saya tinggal di daerah bandung.saya pengen sharing masalah bicara.saya minta pin/nomer kk.

    • Dimas says:

      Halo Luthfi :-) Saya dulu juga mulai gagap usia 10 tahun sepertinya. Menurut pengalamanku, kalau berbicara dengan orang yang kita kenal, kita tidak punya beban, jadi lebih santai sehingga tidak gagap. Beda dengan orang yang kita kenal, apalagi kita mencoba menyembunyikan kegagapan kita, tambah parah gagapnya. Join ke Group FB ya

  9. desti says:

    saya kelas 10 baru masuk.. dan ini tahun kedua kurikulum 2013… di kurikulum ini siswanya harus aktif. sedangkan saya? saya aja gagap gimana mau aktif. saya malu gagap di depan teman teman baru saya. saya mau gagap ini sembuh.. apakah pak dimas masih dijakarta??

    • Dimas says:

      Halo Desti. Turut prihatin untuk kegagapanmu, tetap semangat ya. Saat ini saya menetap di Medan, belum tau kapan ke Jakarta lagi. Gabung ke Group FB ya. Banyak teman-teman disana.

  10. Reja dc says:

    hallo teman-teman, nama saya reja tinggal di lampung, saya ini gagap ketika mau bicara pada orang lain maupun teman dekat, usia saya sudah 14 thn, saya gagap mulai dari umur 12 thn tapi saat saya umur 13 thn saya tidak gagap bicara lagi, dan sekarang penyakit gagap itu saya alami lagi. padahal senin nanti saya ditunjuk oleh guru di kelas untuk menjadi pemimpin tengah saat upacara, saya takut sekali untuk menjalankan itu, padahal yang namanya pemimpin itukan harus lancar bicara, sedangkan saya seperti ini. saya bingung sekali harus berbuat apa, saya sempat berpikir untuk bolos, tetapi jika saja orang tua saya tau saya bolos saya akan di pukul dan dimarahi, saya tau rasanya kena marah itu. semua teman dekat saya sudah pernah menjadi pemimpin tengah, tinggal saya yang belum merasakan itu. saya malu jika kegagap saya tau oleh teman saya. jika teman-teman disini tau cara menghilangkan kegagapan dengan cepat tolong kita berdiskusi di email ya teman → ini email ku rejadc7@gmail.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s